Tau Gak Hukum Puasa Bagi Wanita Yang Belum Mandi Besar?

Tau Gak Hukum Puasa Bagi Wanita Yang Belum Mandi Besar
Sebagai seorang wanita sudah pasti tiap bulan akan kedatangan tamu tak diundang. Haid memang menjadi salah satu halangan yang datang tiap bulannya, sehingga ketika bulan ramadhan mau tidak mau puasa kita harus bolong akibat datang bulan. Sebagaimana telah diketahui, bagi perempuan yang sedang datang bulan tidak boleh melakukan sebuah ibadah sebelum mereka dianggap selesai hingga akhirnya melakukan bersuci 

Bagi mereka yang sudah selesai datang bulan maka hukumnya wajib untuk menyegerakan mandi besar. Lalu apa hukumnya jika seorang wanita melakukan puasa ketika sudah dalam kondisi selesai haid namun belum melaksanakan mandi besar. Banyak sekali pendapat mengatakan bahwa siapapun itu, baik laki-laki maupun perempuan tidak bisa melakukan ibadah seperti sholat dan puasa sebelum dalam keadaan bersuci (mandi besar).
Namun menurut pendapat para ulama wanita yang melakukan puasa meskipun belum mandi besar setelah haid maka puasanya dianggap syah. Tidak ada larangan baginya untuk tidak berpuasa. Namun ia wajib menjalankan ibadah puasa sama seperti yang dilakukan wanita lain yang tidak dalam kondisi datang bulan. Menjadi seorang wanita memang harus berhati-hati

 Kita harus bisa membedakan mana yang termasuk darah haid mana yang termasuk darah istikhadoh. Jika seorang wanita mengeluarkan darah haid maka ia dilarang untuk melakukan kegiatan ibadah namun sebaliknya ketika seorang wanita sedang mengeluarkan darah isthikhadoh maka ia tetap wajib menjalankan ibadah baik solat maupun puasa.
Mandi besar sebenarnya tak hanya dilakukan ketika setelah datang bulan saja. Bagi mereka yang usai melakukan jima’ sudah pasti diwajibkan untuk mandi besar. Allah menyukai hal-hal yang bersih, begitupula dengan tubuh manusia. Lantas ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa Kebersihan adalah sebagian dari Iman.
Bagi anda yang ingin senantiasa dicintai oleh Allah maka mulailah mencintai diri anda sendiri dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, tempat tinggal dan lingkungan sekitar anda. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan mengenai hukum seorang wanita yang melakukan puasa ketika belum mandi besar ini dapat bermanfaat bagi anda. Nantikan ulasan-ulasan berikutnya mengenai bulan Ramadhan yang penuh berkah dan keajaiban.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Template by:
Free Blog Templates